Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Admin Seherbal.com 7:18 am Anjuran 833 Views

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke – Setelahnya kami membahas postingan tentang Mengobati Stroke kemudian dibarengi dengan pantangannya.

Menurut hasil kongres sedunia dalam skala global, penyakit stroke sekarang berada dalam peringkat kedua, dibawah penyakit jantung. ischemic sebagai penyebab kematian dan merupakan faktor utama penyebab kecacatan serius. Stroke merupakan  penyakit yang menyerang pada usia 40 tahun keatas.namun saat ini stroke bukan bukan saja menyerang orang yang sudah tua.tetapi juga menyerang yang usianya masih muda,dan dari tahun ke tahun jumlah penderita stroke terus mengalami peningkatan. Maka untuk itu bagi anda yang keluarganya ada yang menderita penyakit stroke,maka segeralah lakukan tindakan untuk menyembuhkan penyakit stroke yang sedang dialaminya.

Makanan Sehat Bagi Penderita Stroke

Dibawah ini kami paparkan kepada anda semuanya makanan yang baik atau anjuran bagi penderita stroke, simaklah baik-baik dan jangan lupa untuk dikerjakan ya.

Makanan Dari Buah-Buahan
Semua buah secara umumnya adalah baik bagi penderita stoke, karena buah-buahan mengandung serat yang mampu menurunkan kolesterol. Juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah pengendapan kolesterol. Namun ada beberapa buah yang lebih disarankan karena  mengandung beberapa zat yang terbukti dapat menurunkan hipertensi dan antherosklerosis lebih baik.

Buah pisang kaya potasium atau kalium yang berguna untuk mencegah dan membantu menurunkan tekanan darah. Peneliti dari Inggris dan Italia menyebutkan, mengonsumsi pisang tiga kali akan memberikan cukup kalium untuk mengurangi risiko menderita pembekuan darah di otak sekitar 21 persen. Seseorang dianjurkan mengonsumsi sekitar 2.300 mg potasium per hari.

Buah pepaya mengandung karparina yaitu suatu alkoloid yang berfungsi untuk mengurangi serangan jantung salah satu pemicu stroke. Sedangkan buah mentimun dan buah apel merah selain mengandung kalium tinggi, serat berupa pektin yang dimilikinya dapat menstabilkan tekanan darah.

Sedangkan buah belimbing, sama halnya dengan apel, buah ini kaya serat pektin dan kalium, namun rendah kandungan natriumnya sehingga sangat pas untuk penderita hipertensi. Buah semangka juga baik dikonsumsi penderita stroke karena tinggi akan lykopen dan kalium.

Makanan Dari Sayur-Sayuran
Untuk jenis sayur-sayuran yang disarankan bagi penderita stroke antara lain brokoli, bayam, tomat, kangkung, terong dan sawi karena kaya serat, vitamin dan mineral dan anti oksidan. Sayuran-sayuran ini juga mengandung asam folat serta vitamin B6 dan B12 sehingga mencegah peningkatan homosistein (kadar homosistein yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan stroke)

Jenis makanan lain seperti seledri bermanfaat menurunkan tekanan darah. Hasil studi  menunjukkan bahwa senyawa apigenin yang terdapat dalam seledri mampu menekan konsentrasi hormon stres sehingga pembuluh darah kembali melebar. Selain itu, seledri mengandung serat yang bisa menurunkan kolesterol dan memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Sayuran lain seperti wortel bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang memperlambat proses penuaan. Wortel juga dianggap memiliki banyak kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol dan memelihara kerusakan pembuluh darah.

Sedangkan pare dapat mengatasi penyakit stroke karena kandungan karatin dan vitamin C nya. Dan sari buah mengkudu berperan sebagai adaptogen yang menyeimbangkan fungsi sel-sel tubuh dan juga menormalkan fungsi otak.

Makanan Dari Jenis Ikan
Ikan digunakan sebagai pengganti lauk hewani berwarna merah. Ikan dikenal sebagai makanan kaya protein dengan kandungan lemak rendah. Beberapa ikan seperti salmon, tuna dan harring dikenal mengandung omega 3 dan omega 6 yang membantu melindungi jantung, meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dalam darah.

Memperbanyak konsumsi ikan dibanding lauk hewani berdaging merah, memilih mengonsumsi makanan yang rendah lemak, mengolah makanan dengan membatasi penggunaan minyak atau lemak, membatasi pemakaian gula dan garam berlebih, tingkatkan konsumsi serat, dan tidak minum alkohol merupakan pilihan yang tepat bagi penderita stroke.

Mulailah membaca label makanan dengan teliti. Ketika memilih makanan fokuskan pada informasi kalori, total lemak, lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, sodium, dan diet serat. Batasi asupan lemak jenuh dan trans serta kolesterol

Jika anda ingin yang lebih rinci atau lebih simpel dari penjelasan diatas mengenai makanan sehat untuk penderita stroke, maka kami akan memberikan saran yang wajib anda patuhi, silahkan lihat dibawah ini :

  • Makanlah dengan menu seimbang dan sesuai kalori yang dibutuhkan
  • Kurangi asupan gula dan garam.
  • Perbanyak asupan sayur dan buah yang tinggi serat untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol.
  • Kurangi makanan yang digoreng, terutama dengan minyak yang dipakai berulang kali. Gantilah atau selingi dengan makanan yang direbus atau dikukus.
  • Hindari camilan berlemak tinggi seperti tar atau cake. Ganti dengan buah.
  • Susunlah menu makanan dengan bahan rendah lemak, misalnya perbanyak tahu dan tempe. Hindari santan dan minyak goreng yang digunakan secara berkala.
  • Bila masak daging, singkirkan lemaknya.
  • Pilihlah susu rendah lemak.
  • Batasi asupan soda.
  • Hindari makanan kaleng yang mengandung banyak natrium.
  • Hindari makanan atau bumbu yang mengandung garam natrium.
  • Jangan lupa, berhentilah merokok!

Nah, cukup sekian yang bisa kami share mengenai Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke yang mudah-mudahan anda semuanya bisa sembuh dari penyakitnya.

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke
4/ 5
written by

1 Komentar Untuk “Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke”

  • zulfithri werty says:

    Alhamdulillah.. mksh yaa, atas info’y, selamat mencoba :-)


Leave a Reply

Email Tidak Akan Ditampilkan Dan Komentar Anda Kami Moderasi Agar Tidak Terjadi Spam. Harus Isi *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by http://wordpress.org/ and http://www.hqpremiumthemes.com/